KSR-PMI Unit UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

KSR-PMI Unit UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Cover Artikel KSR (2)

BARA PAMERA XVI

BARA PAMERA XVI

KSR-PMI UNIT UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Bakti dan Silaturrahmi (Bara Pamera) merupakan sebuah kegiatan lomba Palang Merah Remaja (PMR) yang diadakan oleh organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UKM KSR-PMI Unit UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Kegiatan ini diselenggarakan untuk mewadahi adik-adik PMR guna mengetahui kemampuan dalam bidang kepalangmerahan, baik dari segi Knowledge, Attitude, maupun  Practice (KAP). Bara Pamera telah menjadi event rutinan 2 tahun sekali di tahun ganjil oleh UKM KSR-PMI Unit UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Namun pada tahun 2021 kegiatan ini belum sempat terlaksana dikarenakan pandemi covid 19 yang masih berlangsung.

Dengan terhentinya kegiatan Bara Pamera di tahun sebelumnya, UKM KSR-PMI Unit UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali bangkit untuk menyelenggarakan Bara Pamera yang ke 16 tingkat Madya dan Wira se-Indonesia, dengan besar harapan adik-adik PMR mampu terus belajar dan bersemangat dalam kegiatan kepalangmerahan serta menjadikan ajang silaturrahmi antar siswa, sekolah, maupun fasilitator. Kegiatan Bara Pamera XVI ini telah terselenggara pada tanggal 24-26 Februari 2023 di Batalyon Zeni Tempur V Kepanjen, Kabupaten Malang. Bara Pamera XVI diikuti oleh 65 tim yang terdiri dari 40 tim tingkat wira/SMA Sederajat dan 25 tim tingkat Madya/SMP Sederajat dengan total keseluruhan 650 peserta. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai wilayah mulai dari Malang. Blitar, Tulungagung, Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Pasuruan, Banyuwangi, hingga Yogyakarta. Kegiatan ini juga dihadiri oleh juri-juri senior yang mempunyai jam terbang tinggi dan bersertifikasi sesuai dengan bidangnya dari berbagai pmi kab/kota setempat di Jawa Timur untuk memberikan penilaian. Kegiatan Bara Pamera XVI terdiri dari:

  1. Rihlah Kepalangmerahan
    1. Area Keterampilan
      • Kesiapsiagaan Bencana (KSB)
      • Kesehatan Remaja (Kesja)
      • Sanitasi dan Kesehatan (Sankes)
      • Donor Darah
      • Area Ketangkasan
    2. Area Ketangkasan
      • Tes Tulis
      • Pertolongan Pertama (PP)
  2. Cerdas Cermat
  3. Duta Bara Pamera
  4. Tim Favorite
  5. Talk Show

Kegiatan Bara Pamera XVI telah berlangsung tiga hari berturut-turut dengan dinyatakan sukses dan menuai komentar positif dari beberapa kalangan mulai dari warga kampus, juri, sekolah, hingga besar harapan dari PMI untuk terus melanjutkan kegiatan Bara Pamera pada tahun-tahun berikutnya. See you next on Bara Pamera XVII.

 

Panitia Pelaksana Bara Pamera XVI

Share this post

More To Explore

BARA PAMERA

BARA PAMERA XVI

BARA PAMERA XVI KSR-PMI UNIT UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG Bakti dan Silaturrahmi (Bara Pamera)