“Inspiration From Freedom Writers Movie”
oleh: Fitriyah
Freedom writers adalah salah satu film yang di angkat dari kisah nyata dan menceritakan tentang perjuangan seorang guru yang bernama Erin Gruwell (wanita idealis berpendidikan tinggi) di wilayah New Port Beach, California, Amerika Serikat di Woodrow Wilson High School sekitar tahun 1990-an sebagai guru Bahasa Inggris yang harus berjuang keras dalam memberikan pembelajaran bagi murid-muridnya yang merupakan korban perkelahian kekerasan antar geng dan konflik rasial, bagi mereka kehidupan yang sebenarnya hanyalah bagaimana caranya agar selamat dari kekerasan. Di dalam kelas mereka duduk sesuai dengan gank masing-masing ras Negro berkumpul dengan ras Negro begitupun ras orang Kamboja, Latin, dan ras kulit putih tak seorangpun yang mau duduk dengan ras yang berbeda. Kesalah pahaman kecil yang terjadi dapat memicu perkelahian antar ras.
Mrs.Gruwell menemukan beberapa faktor yang mempengaruhi pembelajaran murid-murid nya di dalam kelas yakni faktor internal kemauan belajar dari dalam diri sendiri dan faktor eksternal lingkungan sekitar yang mempengaruhi keadaan psikologis mereka.
Dalam menjalankan misinya Mrs.Gruwell melakukan sesuatu yang sejatinya harus di miliki oleh seorang guru yakni:
1. Mengenal karakteristik dari para murid yang akan dia ajar karna dengan demikian guru dapat menentukan metode apa yang akan digunakan dalam pembelajaran. Mrs.Gruwell memahami kondisi murid-muridnya yang selalu berkelompok dengan ras mereka masing-masing ia berusaha menemukan bagaimana cara “menjangkau” kehidupan mereka dengan memberikan buku tentang kehidupan gank yang tidak jauh berbeda dari keseharian mereka yang keras dan di penuhi bayang-bayang kekerasan. Tidak hanya itu Mrs.Gruwell juga berusaha keras untuk menghilangkan sekat tak terlihat yang memisahkan mereka. Salah satunya dengan menyuruh mereka membaca buku “The Diary of Anne Frank” dan mendengarkan cerita dari korban Holocaust.
2. Semangat yang tinggi. Dalam hal ini guru tidak boleh putus asa dalam menjalankan misinya yang gagal, akan tetapi selalu berusaha dan terampil dalam menciptakan suasana senang dalam kelas
Seperti yang dilakukan Mrs.Gruwell dengan menciptakan berbagai game untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman.
Permainan garis. Mrs.Gruwell membagi muridnya dalam dua kelompok besar yang masing-masing terdiri bermacam-macam ras, tidak seperti keseharian mereka yang selalu berkumpul dengan ras masing-masing. Mrs.Gruwell mencoba menggabungkan dan mendekatkan mereka satu sama lain untuk menciptakan kolaborasi dan suasana kelas yang menyenangkan. Permainan ini menggunakan isolasi sebagai garis diantara 2 kelompok, selanjutnya Mrs.Gruwell memberikan beberapa pertanyaan. Jika dengan itu cocok dengan mereka, mereka harus maju menginjak garis berhadap-hadapan dengan temannya
Menulis jurnal harian. Mrs.Gruwell meminta murid-muridnya untuk menulis jurnal tentang keseharian mereka,apapun yang diingikan, terkait apapun yang di alami dan rasakan di kehidupan mereka. Dengan menulis jurnal ini Mrs.Gruwell memiliki tujuan untuk mendekatkan diri terhadap murid-muridnya. Kemudian Mrs.Gruwell mengumpulkan jurnal harian mereka menjadi satu dan di beri nama “freedom writes diary” dan masih banyak lainnya
Setelah membaca tulisan ini kita sebagai calon pendidik (bagi anak-anak) diharapkan termotivasi atas apa yang dilakukan oleh Mrs.Gruwell terhadap para muridnya.