KSR-PMI Unit UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

KSR-PMI Unit UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
download.jpg

PENGOBATAN HERBAL

Seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pengobatan aman, efektif, selektif dan tentunya ekonomis, kebanyakan masayarakat sudah mulai beralih kepada pengobatan herbal. Pengobatan herbal kini sudah menjadi sebuah trend pada kehidupan modern saat ini. Tidak sedikit masyarakat yan mulai membudidayakan tumbuhan-tumbuhan herbal baik dalam skala rumah tangga atau secara masal.
Definisi herbal sendiri adalah tanaman/tumbuhan yang memiliki kegunaan untuk kepentingan medis dan semacamnya. Tumbuhan herbal tidak hanya memiliki kegunaan untuk pengobatan saja, tetapi juga memiliki ragam kegunaan seperti kuliner, pengobatan bahkan aktifitas spiritual. Obat herbal adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan penduduk setempat baik bersifat magis maupun pengetahuan trdisional. Walaupun obat herbal pada masa lampau tidak didukung studi yang kuat dan rasional, tetapi pengobatan herbal telah terbukti ampuh mrnyembuhkan berbagai penyakit, baik yang ringan ataupun kronis.
Mengapa kebanyakan masyarakat mulai beralih kepada pengobatan herbal dibandingkan dengan obat-obatan sintetik yang diproduksi pabrik dengan didukung beberapa studi dan rasional? Jawabannya tentu karena pengobatan herbal mudah untuk dicerna oleh tubuh dan tidak terlalu menyebabkan efek samping sebagaimana obat-obatan sintetik yang diproduksi pabrik. Banyak penelitian menyebutkan bahwa pengobatan herbal tidak kalah efektif dibandingkan dengan pengobatan modern, walaupun pada umumnya waktu terapi yang digunakan sedikit lebih panjang.
Beberapa alasan masyarakat cenderung memilih pengobatan herbal adalah (1) Pada umumnya, harga obat-obatan buataan pabrik mahal, sehingga masayarakat berinisiatif untuk mencari pengobatan yang lebih murah (2) Efek samping yang ditimbulkan oleh obat tradisional lebih kecil dibanding dengan obat buatan pabrik (3) Kandungan  unsur kimia yang terkandung di dalam obat-obatan tradisional sebenarnya menjadi dasar pengobatan modern. Artinya, pembuatan obat-obatan pabrik menggunakan rumus kimia yang telah disintesis dari kandungan bahan alami ramuan tradisional.

Oleh: Fitriyah

Share this post

More To Explore

BARA PAMERA

BARA PAMERA XVI

BARA PAMERA XVI KSR-PMI UNIT UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG Bakti dan Silaturrahmi (Bara Pamera)