KSR-PMI Unit UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

KSR-PMI Unit UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
lebaran.jpg

Momen yang Kamu Rindukan Saat Lebaran

cr. review.bukalapak
Seperti yang kita ketahui bahwa semenjak COVID-19, banyak kegiatan yang mengumpulkan banyak massa telah dilarang oleh pemerintah demi memutus rantai penyebaran. Hal ini juga berdampak pada pelaksanaan perayaan Idul Fitri di Indonesia. Banyak hal yang mungkin kamu rindukan saat lebaran, namun akan sulit ditemui untuk saat ini. Yuk simak, berikut adalah momen-momen yang (mungkin) kamu rindukan saat lebaran.
Baju Baru
Baju baru alhamdulillah…dipakai di hari raya. Tak punyapun tak apa-apa, masih ada baju yang lama. Ya, mungkin bait itu sangat cocok menggambarkan situasi sekarang. Dimana kita harus menghindari keramaian demi keselamatan bersama. Namun jangan khawatir, kita bisa berbelanja di online shop jauh-jauh hari agar sampai tepat waktu sehingga kita bisa menggunakannya saat lebaran nanti.

Mudik
Pulang ke kampung halaman menjelang idul fitri sudah dicap sebagai tradisi untuk masyarakat Indonesia. Membayangkan momen berkumpul bersama keluarga besar beberapa tahun lalu pasti membuat kita rindu deh sama suasana lebaran.
Malam Takbir
Setelah berkumpul dengan keluarga besar, biasanya suasana tersebut akan didukung oleh suara takbir yang menggema dimana-mana. Anak-anak kecil dan para pemuda biasanya mulai berkumpul dan berkeliling kompleks sambil menyuarakan takbir bersama. Terkadang mereka juga memeriahkannya dengan menyalakan petasan, membawa obor, atau memukul-mukul barang untuk meramaikan aksi mereka.
Sholat Ied
Hal ini menjadi momen yang sangat menggetarkan hati. Setelah kita berpuasa sebulan penuh, menahan segala hawa nafsu, akhirnya kita bisa merasakan kemenangan atas diri kita sendiri. Berangkat pagi dengan memakai pakaian terbaik sambil berjalan menuju masjid bersama keluarga adalah hal yang paling dirindukan saat ini. Namun, ada beberapa daerah di Indonesia yang masih melakukan sholat Ied berjamaah dengan menerapkan protokol kesehatan demi menghindari hal yang tidak diinginkan.
Silaturrahmi
Selain berkumpul bersama keluarga, ada juga hal yang mungkin akan sulit ditemui di tengah pandemi seperti bersilaturrahmi di tetangga sekitar rumah atau saudara kita. Rumah dan jalanan juga sudah tak ramai kendaraan yang mengakibatkan macet seperti biasanya. Kita masih bisa kok bersilaturrahmi ke rumah tetangga asal dengan tetap menerapkan aktivitas pencegahan seperti tidak berjabat tangan dan menggunakan masker.
Uang Saku
Siapa yang menanti lebaran untuk yang satu ini? Semua pasti dengan sukacita menyambut momen ini. Momen dimana sanak saudara dan tetangga-tetangga memberi uang saku pada kita, sehingga uang tabungan kita bertambah. Tahun ini mungkin uang saku akan menjadi lebih sedikit daripada biasanya, namun kita bisa mentransfer uang saku jika berkenan.
Itulah beberapa momen lebaran yang (mungkin) kamu rindukan saat lebaran tiba. Alangkah lebih baik kita menghindari beberapa dari poin di atas atau melakukannya dengan tetap memperhatikan kesehatan diri sendiri dan orang lain. Tetap di rumah saja, cuci tangan dengan sabun, gunakan masker saat berpergian, dan tetap jaga kesehatan. Semoga pandemi ini segera usai, sehingga kita bisa melakukan aktivitas seperti biasanya dan bertemu ramadhan serta lebaran dengan keadaan yang lebih baik. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, mohon maaf lahir dan batin.
Oleh : Jung

Share this post

More To Explore

BARA PAMERA

BARA PAMERA XVI

BARA PAMERA XVI KSR-PMI UNIT UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG Bakti dan Silaturrahmi (Bara Pamera)