KSR-PMI Unit UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

KSR-PMI Unit UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
tumblr_inline_oqkuzxYKVH1qdtbnx_500.jpg

Ada yang Berbeda?

           

cr. kurniawangunadi.tumblr.com

Tepat tanggal 24 April 2020 memasuki bulan yang telah ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam. Ya, bulan Ramadhan. Ramadhan menurut istilah berakar dari bahasa arab “ramidha” atau “arramadh” yang berarti kekeringan. Ramadhan secara bahasa berarti bulan dalam Islam yang menjadi waktu khusus untuk melaksanakan kewajiban puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Ramadhan merupakan bulan kesembilan setelah Sya’ban dan sebelum Syawal dalam penanggalan tahun Hijriyah. Brainly
            Ramadhan selalu memiliki kesan tersendiri dalam diri umat Muslim. Bagaimana tidak? Setiap momen yang berlangsung pada bulan Ramadhan tidak dapat ditemui pada bulan-bulan lain. Pada dini hari kita bisa mendengar tetangga membangunkan sahur beramai-ramai, berburu takjil di sore hari, buka bersama, sholat tarawih berjamaah di masjid. Sungguh momen yang membuat kita rindu kampung halaman, kan?
            Sayangnya, tahun ini Ramadhan menyuguhkan pemandangan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena adanya COVID-19, kita diharuskan untuk self-isolation dan social distancing demi memperlambat penyebaran virus tersebut. Tentu hal ini sangat disayangkan, mengingat Ramadhan merupakan bulan yang erat hubungannya dengan keramaian. Pemerintah sudah memberikan imbauan untuk tidak pulang kampung, serta mulai menghentikan operasi beberapa transportasi seperti kereta api dan pesawat.
            Adanya COVID-19 memberikan kita banyak hikmah dibalik musibah tersebut. Kita bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, lebih fokus dalam beribadah, mengurangi pengeluaran untuk buka bersama di luar (hehe), dan masih banyak lagi. Meskipun sedang dalam rangka social distancing, kita juga masih bisa berbagi rezeki kepada orang-orang yang kurang mampu seperti membagikan sembako, makanan, serta masker secara door-to-door, mengirimkan bantuan melalui transfer dana melalui lembaga yang menyelenggarakan penggalangan dana, atau berpartisipasi dalam menjaga kawasan tempat tinggal kita agar tetap aman karena sedang marak kasus pencurian di rumah-rumah warga. Hal tersebut boleh dilakukan tanpa mengabaikan instruksi pemerintah agar kita tetap terhindar dari COVID-19.
            Ramadhan tetaplah Ramadhan meskipun banyak hal yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sejatinya, Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah di mana umat muslim bersukacita menyambutnya dengan memperbanyak amalannya Mari kita beribadah semaksimal mungkin, semoga Allah meridhoi segala amal dan ibadah kita.
(sumber : Kompas)
Oleh : Jung
           

Share this post

More To Explore

BARA PAMERA

BARA PAMERA XVI

BARA PAMERA XVI KSR-PMI UNIT UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG Bakti dan Silaturrahmi (Bara Pamera)