LATIHAN BERSAMA MAPALA

Pada tanggal 8 September 2018, Bidang Kependidikan dan Ketenagaan (Dikten) mengadakan Latihan Bersama UKM Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Tursina UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Materi latihan bersama kali itu adalah tentang repling. Materi ini diberikan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada anggota KSR-PMI Unit UIN Malang tentang bagaimana naik turun halang rintang dengan menggunakan tali. Pengetahuan ini diberikan sebagai pengetahuan dasar untuk digunakan saat evakuasi pada medan vertikal.

Latihan dimulai pada pukul 07.30 WIB dan dibuka dengan pemanasan bersama di depan Gedung Jenderal Besar H.M Soeharto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Setelah pemanasan bersama, dilanjutkan dengan berlari mengelilingi lapangan sebanyak dua kali. Selanjutnya dilanjutkan dengan senam bersama sembari menunggu pelatih dari tim Mapala datang. Latihan Repling ini dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dimulai dengan diberikan beberapa penjelasan mengenai peralatan dan aturan-aturan yang harus diikuti oleh  seluruh peserta.

Setelah penjelasan selesai diberikan, satu per satu anggota KSR-PMI Unit UIN Malang diberi kesempatan untuk mencoba mempraktikkannya. Kendala yang banyak dihadapi oleh anggota KSR-PMI Unit UIN Malang saat latihan ini adalah kesulitan untuk kembali turun. Banyak dari anggota yang salah memasang tali atau lupa membawa kembali turun peralatan yang telah digunakan. Namun, dengan penuh kesabaran tim dari Mapala membantu satu per satu anggota KSR-PMI Unit UIN Malang yang ingin belajar mengenai Repling.

Acara berakhir pada pukul 14.00 WIB dan ditutup dengan evaluasi bersama dan makan bersama. Dengan diadakannya latihan ini, diharapkan para anggota KSR-PMI Unit UIN Malang memiliki pengetahuan dasar tentang naik turun tebing dengan menggunakan tali. Selain itu juga untuk melatih keberanian dari para anggota KSR-PMI Unit UIN Malang itu sendiri.