KSR-PMI Unit UIN Malang telah dilaksanakan Diklat Forum dan Diklat Lapangan selama 3 minggu berturut-turut setiap hari sabtu minggu. Diklat kali ini mengambil tema “Menyatukan Perbedaan dalam Membentuk Jiwa Relawan yang Berlandaskan Kepalangmerahan”.

Diklat forum minggu pertama dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 2018 bertempat di Ruang Sidang lantai 1 Gedung H.M. Soeharto. Kemudian dilanjutkan dengan Diklat forum minggu kedua yang dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 November 2018. Selama Diklat forum tersebut, peserta mendapat mater-materi yang berkaitan dengan kepalangmerahan, mulai dari materi gerakan kepalangmerahan, Pertolongan Pertama (PP), hingga materi Pasang Bongkar Tenda (PBT). Selama Diklat Forum tersebut, peserta tidak hanya mendengarkan pemateri menyampaikan materi tetapi juga diajarkan praktik yang berkaitan dengan materi yang diajarkan.

Diklat dilanjutkan kembali pada minggu ketiga dilaksanakan pada tanggal 10-11 November 2018. Seperti tahun lalu, Diklat lapangan kali ini mengambil tempat di Bumi Perkemahan Ledok Amprong, Poncokusumo, Malang.  Jumlah peserta yang mengikuti Diklat lapangan kali ini berjumlah 35 orang. Peserta melaksanakan Diklat lapangan dimulai pada hari sabtu pagi. Selama di lapangan, peserta melaksanakan beberapa praktik penerapan materi yang telah diajarkan di forum seperti praktik Management Disaster.

Diklat kali ini berbeda dengan Diklat tahun-tahun sebelumnya. Jika di tahun-tahun sebelumnya Diklat lapangan dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut, maka tahun ini hanya mendapat izin untuk 2 hari saja. Namun meskipun dalam waktu yang singkat tersebut, diharapkan para peserta mampu menyerap materi dengan semaksimal mungkin.