MENGABDI DI LERENG BROMO

Pada tanggal 1-3 Juni 2018, KSR-PMI Unit UIN Malang mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di daerah Dusun Krisik, Desa Kemiri, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dan diikuti oleh sekitar 40 anggota KSR-PMI Unit UIN Malang.

Kegiatan dimulai pada tanggal 1 Juni 2018 dengan diisi kegiatan cek kesehatan gratis bagi masyarakat Dusun Krisik dan sekitarnya. Kegiatan ini bekerja sama dengan Malang Care sebagai petugas cek kesehatan. Tujuan adanya kegiatan ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan dan memberi wawasan kesehatan kepada  masyarakat sekitar Dusun Krisik.

Selanjutnya pada tanggal 2 Juni 2018, kegiatan diisi dengan memberikan beberapa penyuluhan kepada masyarakat Dusun Krisik. Penyuluhan yang pertama diberikan adalah penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang disampaikan oleh saudari Dahlia Khumairo’. Penyuluhan ini diberikan kepada anak-anak dan remaja sekitar Dusun Krisik agar dapat menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya dengan baik. Penyuluhan selanjutnya diberikan kepada ibu-ibu yang tinggal di sekitar Dusun Krisik. Penyuluhan yang diberikan adalah penyuluhan Perawatan Keluarga yang disampaikan oleh Ibu Fitriyah. Dalam penyuluhan ini disampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatan keluarga seperti saat merawat keluarga yang sakit. Penyuluhan ketiga yang diberikan adalah penyuluhan tentang kesehatan ternak yang disampaikan oleh Ibu Bayyin selaku dosen Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dalam penyuluhan kali ini dihadiri oleh bapak-bapak sekitar dusun Krisik yang memang kebanyakan merupakan peternak sapi. Kegiatan dilanjutkan dengan tausiyah yang diisi oleh Ustadz Sudirman.

Pada tanggal 3 Juni 2018, dilaksanakan beberapa perlombaan untuk anak-anak dan remaja sekitar Dusun Krisik. Lomba-lomba tersebut antara lain adalah lomba mewarnai, lomba melukis, lomba dai, lomba adzan dan iqomah, serta lomba MTQ. Disini tampak anak-anak antusias untuk mengikuti perlombaan yang ada. Kegiatan ini ditutup pada malam harinya dengan penampilan banjari dari sekitar daerah Dusun Krisik, pemberian santunan kepada anak yatim desa kemiri dan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba.