UJIAN PMI

Pada tanggal 28-29 April 2018, diadakan ujian PMI bagi anggota KSR-PMI Unit UIN Malang. Pada ujian tahun ini, KSR-PMI Unit UIN Malang tidak sendiri melainkan bergabung dengan beberapa Perguruan Tinggi yang ada di Malang. Namun sebelum melaksanakan ujian PMI ini, peserta diharuskan untuk mengikuti sejumlah latihan pra-ujian PMI. Latihan ini biasa dilaksanakan di setiap hari sabtu dan minggu setiap minggunya. Latihan diisi dengan pembahasan materi dan praktik.

Tidak hanya latihan sendiri, beberapa kali juga dilakukan latihan bersama KSR-PMI dari Perguruan Tinggi lain yang akan akan melaksanakan ujian PMI bersama. Latihan bersama pertama dilaksanakan pada tanggal 8 April 2018 dan bertempat di Universitas Gajayana Malang. Pada latihan bersama ini diikuti oleh anggota KSR-PMI dari UIN Malang, AKFAR-AKAFARMA, ITN, UNIGA, dan Universitas Widyagama.

Latihan bersama kedua dilaksanakan pada tanggal 22 April 2018 yang bertempat di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Peserta yang berpartisipasi dalam latihan bersama ini juga berasal dari perguruan tinggi lain seperti saat latihan bersama yang pertama. Sebelum dilaksanakan latihan bersama ini, pada tanggal 21 April 2018 dilaksanakan pula simulasi ujian PMI yang terdiri dari tes tulis, BHD-RJP, dan praktik Keslap.

Tibalah pada tanggal 28 April 2018 dimana hari tersebut dilaksanakan ujian PMI tahap pertama. Pada tahap pertama ini peserta diharuskan untuk mengikuti ujian tulis, ujian praktik BHD-RJP, dan ujian praktik pembalutan luka. Ujian berlangsung lancar dan berakhir pada pukul 14.00 WIB.

Dilanjutkan pada hari selanjutnya yaitu pada hari Minggu tanggal 29 April 2018. Pada hari itu dilaksanakan ujian Keslap yang harus diikuti oleh seluruh peserta ujian PMI tahun 2018. Pada ujian ini berlangsung mulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Setelah ujian berakhir, dilaksanakan evaluasi bersama dengan para juri terkait dengan apa yang sudah dilakukan pada saat ujian Keslap.

Dengan serangkaian latihan dan proses ujian yang telah dilakukan, diharapkan seluruh peserta dapat lulus ujian PMI. Hasil tidak akan menghianati proses jika dibarengi dengan doa. Semoga mendapat hasil yang terbaik.