PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ

Isra Mi’raj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan shalat lima waktu sehari semalam. Peristiwa Isra Mi’raj terbagi dalam 2 peristiwa yang berbeda. Dalam Isra, Nabi Muhammad SAW “diberangkatkan” oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi’raj Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini Beliau mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan shalat lima waktu.

Pada peringatan Isra’ Mi’raj kali ini, KSR-PMI Unit UIN Malang memperingatinya dengan menggelar kegiatan khotmil Al-Qur’an. Kegiatan khotmil dilakukan di markas KSR-PMI Unit UIN Malang dan diikuti oleh anggota KSR-PMI Unit UIN Malang. Setelah khotmil Al-Qur’an selesai dilaksanakan, dilanjutkan dengan persiapan acara selanjutnya yaitu tausiyah yang disampaikan oleh Bapak Sudirman, dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Tausiyah yang disampaikan oleh Bapak Sudirman ini dilaksanakan di Halaqah HTQ lantai 1 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tausiyah disampaikan pada pukul 19.00-20.30 WIB, dan dihadiri oleh sekitar 41 anggota KSR-PMI Unit UIN Malang. Walaupun tausiyah disampaikan dalam waktu yang lumayan singkat, namun banyak ilmu yang dapat diperoleh dari tausiyah yang telah disampaikan. Dengan peringatan ini, diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anggota KSR-PMI Unit UIN Malang menjadi lebih dari sebelumnya.

 

 

(cpl/ltbg/2018)