Manajemen perpustakaan merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk merawat buku yang ada di perpustakaan mini markas KSR-PMI Unit UIN Malang. Kegiatan ini terdiri dari cek buku dan pelabelan buku. Manajemen perpustakaan kali ini dilaksanakan pada tanggal 19-20 Februari 2018. Dimana pada tanggal 19 Februari 2017 dilaksanakan pengecekan buku. Dan pada tanggal 20 Februari 2018 dilaksanakan pelabelan pada buku baru.

Dari hasil pengecekan buku yang telah dilakukan ditemukan hasil dengan rincian sebagai berikut:

  • 82 buku bacaan
  • 54 kitab
  • 64 laporan pertanggung jawaban
  • 36 buku materi kepalangmerahan
  • 34 skripsi

Jika ditotal, terdapat sekitar 270 buku yang dimiliki oleh perpustakaan mini markas KSR-PMI Unit UIN Malang. Dengan adanya buku-buku tersebut diharapkan dapat membantu anggota KSR-PMI Unit UIN Malang dalam mengerjakan tugas maupun memahami materi kepalangmerahan.

Pelabelan buku, dilakukan pada buku-buku baru baik yang berasal dari hibah maupun pembelian. Pelabelan ini bertujuan agar buku-buku milik perpustakaan markas KSR-PMI Unit UIN Malang tidak hilang atau tertukar.

Dengan adanya perpustakaan mini dalam markas KSR-PMI Unit UIN Malang ini, diharapkan minat baca anggota KSR-PMI Unit UIN Malang dapat meningkat. Dengan  membaca, kita dapat mengarungi dunia. Karena membaca adalah jembatan ilmu.

 

 

 

 

“Setiap tempat adalah sekolah. Setiap orang adalah guru. Setiap buku adalah ilmu”

― Roem Topatimasang, Sekolah itu Candu

 

 

 

 

Salam Kreatif bersama Litbang.