GETAVE V
KSR-PMI Unit UIN MALANG

Pada hari sabtu tanggal 17 Maret 2018, KSR-PMI Unit UIN Malang mengadakan acara Gathering and Training Event (GETAVE) V yang bertemakan Let’s Fun and Smart Together. GETAVE merupakan ajang pertemuan, silaturrahmi dan latihan bersama untuk anak PMR yang dilatih oleh anggota KSR-PMI Unit UIN Malang. Pada GETAVE V kali ini diikuti oleh 14 sekolah baik dari tingkat Mula, Madya maupun Wira. Sekolah-sekolah tersebut antara lain adalah SD Ummu Aiman Lawang, SMPN 18 Malang, SMPN 11 Malang, SMPN 13 Malang, SMPN 23 Malang, SMPN 24 Malang, SMP Al-Kautsar Malang, SMP Sabilurrosyad Malang, MTSN 2 Malang, SMPN 3 Singosari, SMKN 1 Malang, MA Al-Ma’arif Singosari, SMAI Singosari, dan SMA Islam Sabilillah Malang.
Acara GETAVE V ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah lomba mading, photo contest, dan lomba yel-yel. Pada sesi pertama ini, perlombaan dilaksanakan di masing-masing sekolah. Sedangkan sesi kedua adalah latihan bersama yang dilaksanakan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sesi kedua acara GETAVE V dilaksanakan pada hari sabtu 17/3/2018, dimulai sekitar pukul 07.30 WIB. Acara dimulai dengan apel pembukaan di lapangan utama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Setelah apel pembukaan, dilanjutkan dengan acara penampilan yel-yel masing sekolah. Dalam penampilan yel-yel ini peserta tampak sangat antusias dalam menampilkan yel-yel bertema kepalangmerahan yang telah mereka buat.
Acara selanjutnya adalah demo halang rintang yang dipraktikkan oleh beberapa panitia. Demo halang rintang ini berupa naik dan turun pagar tembok. Tujuan adanya demo halang rintang ini adalah untuk memberikan wawasan kepada peserta GETAVE V tentang bagaimana cara mengevakuasi korban dengan benar ketika terdapat halang rintang.
Setelah demo halang rintang, acara dilanjtkan dengan travelling ke tiga pos yang tersebar di antara gedung A dan gedung B. Namun, sebelum melakukan travelling peserta dikelompokkan kembali ke dalam beberapa kelompok kecil yang terdiri dari berbagai sekolah. Pengelompokkan ini bertujuan untuk meningkatkan tali silaturrahmi kepada peserta. Setelah pembagian kelompok, peserta mulai berjalan menuju pos-pos yang ada. Di pos pertama, peserta diberi soal TTS tentang sejarah kepalangmerahan. Di pos kedua, peserta diminta untuk mempraktikkan pembidaian dan membuat tandu dari tongkat dan tali. Di pos ketiga, peserta diajak bermain yang menguji kekompakkan tim.
Setelah dari pos-pos tersebut, peserta berkumpul untuk melakukan evaluasi bersama. Pada evaluasi tersebut, peserta diajarkan mengenai cara membuat tandu dengan tongkat dan tali dengan benar. Disana juga peserta diajarkan untuk melewati halang rintang yaitu berupa pagar tembok.
Setelah melewati evaluasi bersama, peserta dipersilahkan untuk istirahat, sholat dan makan (ISHOMA). Setelah ISHOMA, peserta kembali berkumpul bersama untuk bermain dan bernyanyi bersama di balkon gedung B lantai 3. Pada acara ini, dipandu oleh saudari Cindy Ayu.
Setelah acara bermain dan bernyanyi bersama, maka dilanjutkan dengan apel penutupan. Apel penutupan ini dilaksanakan pada pukul 14.45 WIB. Pada apel penutupan ini pula diumumkan juara-juara dari perlombaan yang telah dilaksanakan. Dengan ditutupnya acara GETAVE V ini, maka berakhir pula seluruh rangkaian kegiatan acara GETAVE V. Harapannya, setelah mengikuti acara GETAVE V ini dapat menambah pengalaman serta ilmu bagi anak PMR baik Mula, Madya maupun Wira. Selain itu, diharapkan pula dapat meningktakan silaturrahmi antar angota PMR yang ada.

 

 

(cpl/ltbg/2018)