Uncategorized

KELOR TANAMAN AJAIB UNTUK KEHIDUPAN YANG SEHAT

Di Indonesia Tanaman kelor adalah salah satu tanaman populer dan fenomelal. Tanaman kelor atau Moringa oleifera, atau Maoringa, Ben-Oil Tree, Clarifier Tree, Drumstick Tree (Inggris), berasal dari india dengan bentuk pohon dan sering digunakan sebagai tanaman pagar, awalnya kelor hanya bnayak tumbuh di india, namun kini kelor banyak di temukan di daera beriklim tropis. Indonesia telah lama memanfaatkan tanaman kelor ini, yang ternyata membuat Amerika heboh hingga menyebut daun kelor sebagai “Miracle Tree” atau ‘Pohon Ajaib’. Peneliti-Peneliti di lur negeri telah mengakui manfaat dari daun kelor. Selain banyak memiliki manfaat kesehatan kelor juga dapat menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi.

Menurut laporan Michael D. Benge, dari Badan Iimu Pengetahuan dan Teknologi AS, di Washington DC, tahun 1987, daun kelor memiliki kadar vitamnin A dan C yang cukup tinggi. Daun Kelor juga kaya akan zat besi (Fe), dan kalsium (Ca), serta menjadi sumber Fosfor yang baik. Buah muda dari kelor kaya protein dan memiliki kadar air yang tinggi. Buah dan daun dari kelor dapat langsung di sayur, dan biji tuanya bisa dijadikan bahan baku pembuatan kosmetik, obat, dan pelumas arloji. Pohon kelor telah digunakan untuk memerangi malnutrisi, terutama di kalangan bayi dan ibu-ibu menyusui.

Kelor disebut sebagai tanaman ajaib karena memiliki memiliki potensi untuk menyelesaikan permasalahan kekurangan gizi, serta mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Kelor mengandung 539 senyawa yang dikenal dalam pengobatan tradisioal. Serbuk dari dau kelor sebanyak 8 g atau setara satu sendok makan dapat memenuhi sekitar 14% protein, 40% kalsium, 23% zat besi dan hampir semua kebutuhan vitamin A untuk anak anak usia 1-3 tahun. Berdasarkan hasil analisis proksimat, daun kelor memiliki nilai gizi yang tinggi seperti phytochemical vitamin, mineral, protein dan asam amino. Daun kelor dapat digunakan sebagai agen antioksidan dan antimikroba alami yang dapat diaplikasikan dalam farmasi dan makanan.

Daun kelor mudah diperoleh, serta dapat berfungsi sebagai sumber nutrisi dan dapat dikembangkan di negara-negara yang mengalami defisiensi mikro nutrisi. Serbuk yang di buat dari biji kelor juga dimanfaatkan karena dapat digunakan sebagai bahan penjerni air alami yang efektif, air hasil penjernihan dapat diminum karena serbuk biji kelor dapat di gunakan sebagai treatment antiseptik. Daun kelor  dapat dijadikan produk kosmetik karena dapat membuat kulit halus dengan adanya kandungan antiaging. Serbuk daun kelor dapat juga digunakan sebagao pakan ternak, mulai dari 10% hingga 30% dari pakan konsentrat untuk meningkatkan kandungan protein. Secara farmakologis daun kelor berfungsi sebagai antijamur, antihiperlikemik, antliinflamasi, antimikroba, antihipertensi, antitumor, dan antikanker.

Tidak salah daun kelor di sebut sebagai “Miracle Tree” atau ‘Pohon Ajaib’ karena memang tanaman kelor memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan telah dibuktikan secara medis oleh seluru kalangan masyarakat yang telah merasakan dan membuktikan keajaiban dari tanaman kelor.

Karya : Wahdaniati Maisaroh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *