Sosiag

NIKMATNYA BERBAGI DI BULAN SUCI

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa, dimana terdapat perintah untuk melaksanakan puasa selama 30 hari bagi umat muslim diseluruh penjuru dunia. Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan, amalan-amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan memiliki pahala yang berlipat ganda. Jika seseorang tidak memperbanyak amal pada bulan Ramadhan maka merugilah orang-orang tersebut. Maka dari itu kaum muslim berbondong-bondong melakukan berbagai macam kebaikan di bulan yang suci dan penuh berkah ini.

Salah satu tradisi yang sering dilakukan di bulan Ramadhan adalah berbagi takjil. Kegiatan berbagi takjil ini juga dilakukan oleh para anggota KSR PMI Unit UIN Malang pada hari Minggu (10/4). Sebelum itu para anggota KSR berkumpul terlebih dahulu untuk mempersiapkan bahan yang akan dibagikan pada acara bagi-bagi takjil. Kegiatan ini dilaksanakan saat menjelang waktu berbuka puasa dengan membagikan 200 takjil kepada pengendara sepeda motor maupun mobil yang melewati jalanan di depan UIN Malang.

Tidak memakan waktu lama, takjil-takjil tersebut sudah bersih tak bersisa mengingat padatnya lalu lintas di depan UIN Malang. Tujuan dari kegiatan ini untuk memaknai bulan suci Ramadhan yang penuh berkah, serta sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah Swt yang telah memberikan rezeki baik berupa kesehatan, kenikmatan, maupun rezeki yang berupa materi.

Kegiatan bagi-bagi takjil ini kemudian disambung dengan buka bersama para anggota KSR PMI Unit UIN Malang. Buka bersama ini dilaksanakan di balkon gedung B lantai 2. Momen buka bersama adalah sebuah ajang untuk mempererat tali silaturahmi para anggota KSR, karena dihadiri oleh anggota dari berbagai angkatan. Kegiatan bagi-bagi takjil dan buka bersama diakhiri dengan sholat maghrib berjamaah. Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut, diharapkan para anggota KSR dapat menjaga komunikasi serta tali silaturahmi. Selain itu kegiatan tersebut dapat menanamkan sikap peduli dan saling berbagi kepada setiap orang dapat dimulai dari hal-hal yang kecil. Berbuat baik tidak melulu dimulai dengan suatu hal yang besar dan luar biasa, karena dengan dimulai dari hal-hal yang kecil kita dapat memotivasi seseorang untuk melakukan hal-hal baik lain yang jauh lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *