Kesehatan

Donor Darah

Donor darah merupakan salah satu Program Kerja (Proker) dari Bidang Kesehatan. Proker ini rutin dilaksanakan 2x setahun untuk membantu pemenuhan stok darah di PMI Kota Malang. Proker ini bersifat umum sehingga masyarakat sekitar kampus pun bisa berpartisipasi tetapi dalam keadaan pandemi kegiatan ini dilaksanakan di halaman gedung PMI Kota Malang.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi pedonor yaitu usia minimal 17 thn dan maximal 65 thn, hemogblobin (Hb) harus standar 14-17, tensi darah normal dari 100-130, berat badan minimal 50 kg, serta tidak menstruasi, hamil atau menyususi bagi wanita. Apabila pendonor telah mendapatkan vaksin jangka waktu untuk donor darah adalah 1 minggu setelah mendapatkan vaksin.

Selama pandemi kegiatan donor darah memperhatikan penerapan protokol keseharan. Setiap calon pendonor wajib mengikuti screening secara ketat dari seperti pengecekan suhu. Bentuk penerapan protokol kesehatan seperti menjaga jarak antar peserta dan telah tersedia tempat cuci tangan.

Banyak orang yang takut untuk donor darah, mungkin karena melihat ukuran jarum suntiknya yang sedikit lebih besar dibandingkan jarum suntik vaksin. Namun sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari donor darah, diantaranya :

1) Memperlancar aliran darah serta menjaga kesehatan jantung

Kamu dapat mencegah penyumbatan pada arteri serta memperlancar aliran darah dengan cara mendonorkan darah. Dengan lancer mendonorkan daarah, kadar zar besi di dalam tubuhmu juga akan terjaga dalam keadaan normal. Menurut penelitian di universitas Duisburg essen di Berlin, Jerman, donor darah dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular (penyakit jantung, stroke dan penyakit pembuluh darah lainnya) terutama pada orang obesitas dengan sindrom metabolic yang sangat beresiko terkena penyakit kardiovaskuler dan diabetes. (Gamal Kamandoko, 2013)

2) Membantu orang lain

Manfaat ini pastinya sudah jelas akan kita dapatkan apabila mendonorkan darah, dengan berdonor, kita bahkan bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Darah yang kita donorkan bisa digunakan oleh korban korban kecelakaan, ibu yang baru melahirkan, orang yang melakukan operasi dan mengalami pendarahan hebat dan masih banyak lagi.

3) Cek Kesehatan Secara Gratis

Sebelum melakukan donor darah, kita pasti akan melalulia beberapa pengecekan kesehatan. Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kondisi tubuh kita apakah memenuhi persyaratan untuk melakukan donor darah atau tidak dan juga darah yang kalian donorkan akan diuji lagi ke laboratorium untuk mengecek apakah darah kalian mengandung tertentu, apabila terdapat sesuatu maka kalian akan dihubungi.

Itu tadi adalah beberapa manfaat yang akan kita dapat apabila melakukan donor darah, selain dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan kuat, donor darah juga secara tidak langsung dapat membuat kondisi mental kita menjadi lebih stabil dikarenkan kita bisa membantu orang lain.

Disamping itu, donor darah memiliki beberapa efek samping, walaupun pada umumnya donor darah aman dan sangat disarankan. Efek samping itu diantaranya adalah merasa pusing, mual atau bahkan pingsan. Namun kondisi ini tidak akan berlangsung lama, apabila merasakan beberapa gejala diatas maka disarankan untuk beristirahat terlebih dahulu setelah melakukan donor darah. Namun apabila kalian mengalami efek samping yang berat, sangat disarankan untuk segera menghubungi pihak berwajib. Setelah melakukan donor darah kita disarankan untuk minum air putih yang cukup, dan makan makanan yang bergizi seimbang.

 

Oleh : Bidang Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *