Uncategorized

Sejarah KSR-PMI Unit UIN Malang

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) merupakan salah satu kampus Islam negeri  yang berada di Malang. Kampus ini memberikan wadah bagi seluruh mahasiswa baik dalam segi akademik maupun non akademik yang menunjang untuk mengembangkan Knowledge, Attitude, dan Skills. Salah satunya yakni adanya Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UKM KSR-PMI Unit UIN Malang).

UKM KSR-PMI Unit UIN Malang merupakan UKM yang bergerak di bidang kemanusiaan, kekeluargaan, dan kemanfaatan. UKM ini berdiri ketika Zainal Abidin dan Mustofa yang menduduki jabatan sebagai Senat Mahasiswa (SEMA) diminta mengisi materi tentang P3K pada anggota baru Pramuka FT IAIN Sunan Ampel Malang pada bulan November 1990. Kemudian pada September 1991 kedua plopor ini mengajukan pendirian KSR-PMI Unit Perguruan Tinggi pada kampus dan kepada  PMI Cabang Kota Malang, karena KSR-PMI berada di bawah naungan PMI.

KSR-PMI Unit UIN Malang untuk pertama kalinya mengadakan . Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) I kemudian mengkukuhkan Ahmad Shodiq sebagai ketua dan dilantik pada tanggal 11 Januari 1992, yang kini tanggal tersebut dikenal sebagai hari lahirnya KSR-PMI Unit UIN Malang.

Makna lambang organisasi KSR-PMI Unit UIN Malang

  • Burung Rajawali: bermakna Kekokohan (organisasi).
  • Lafadz Allah Yang Disamarkan: bermakna Misi Islam (lafadz Allah yang disamarkan melambangkan “Al-Qu’an dan Al-Hadist”).
  • Palang Merah: bermakna (berdasarkan Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan membawa misi Palang Merah Bulan Sabit Merah Internasional).
  • Warna Biru: bermakna ikatan silaturrahmi dan hubungan yang baik (melambangkan persaudaraan yang baik dan kuat).

Oleh: Bidang Dikten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *