Litbang

MANAJEMEN PERPUSTAKAAN KSR PMI UNIT UIN MALANG

Perpustakaan KSR PMI Unit UIN Malang.

Didalam sudut Markas KSR PMI Unit UIN Malang, kita mempunyai sebuah rak buku besar yang biasa kita sebut Perpustakaan Markas KSR PMI Unit UIN Malang, didalam rak tersebut berisi bermacam-macam buku seperti : Buku materi Kepalangmerahan, buku cerita, Kitab, Alqur’an, buku Skripsi (dari angkatan kehormataan yang di hibahkan) dan laporan pertanggung jawaban(dari setiap Kegiatan), dan pastinya masih banyak lagi buku-buku pengetahuan. Buku ini dikumpulkan menjadi satu didalam rak, agar rapi dan yang ingin membaca atau meminjam juga mudah mengambilnya, karena Markas KSR PMI Unit UIN Malang selalu menjadi tempat singgah para Anggota ketika di jam istirahat kuliah dan sela-sela pergantian mata kuliah, pastinya para anggota akan membaca atau meminjam buku yang ada di Perpustakaan KSR PMI Unit UIN Malang.
Perpustakaan KSR PMI Unit UIN Malang, merupakan sebuah inventaris dari Bidang Litbang, dan Bidang Litbang juga yang bertanggung jawab terhadap buku-buku tersebut. Sehingga Bidang Litbang memiliki agenda kegiatan yang biasa disebut “Manajemen Perpustakaan”.

Apa si Manajemen Perpustakaan itu ?

Manajemen Perpustakaan merupakan Kegiatan mengorganisir buku-buku yang terdapat di Perpustakaan KSR Unit UIN Malang, yaitu dengan cara pengecekan buku-buku. Manajemen Perpustakaan ini merupakan agenda dari Bidang Litbang yang dilakukan 2-3 Kali dalam satu periode kepengurusan, dan pada saat pengecekan biasanya Bidang Litbang dibantu oleh bidang lain dan Pengurus Inti. Pengecekan buku yang dilakukan meliputi : Jumlah buku tersedia, buku yang dipinjam, Jumlah buku baru, Jumlah buku yang hilang dan buku yang diremajakan (buku yang harus dipindahkan dari rak perpustakaan dan di taruh di gudang jika sudah berumur 5 tahun atau lebih). Selain kegiatan yang disebutkan di atas pada kegiatan manajemen perpustakaan juga dilakukan labelisasi pada buku baru, membersihkan rak buku dan melakukan pembaharuan terhadap rak buku tesebut. Dan Manajemen Perpustakaan ini bertujuan agar kita mengetahui jumlah buku yang ada, jumlah buku yang dipinjam, dan jumlah buku yang hilang. Laporan data dari Manajemen Perpustakaan ini akan masuk kedalam Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *