Uncategorized

Serumpun Padi : Memaknai Kemerdekaan

Hai sobat yang budiman, berjumpa kembali dengan SHELTER. By the way, selamat ulang tahun Indonesiaku yang ke 75. Nggak kerasa ya, udah 75 tahun berlalu Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya. Para pendahulu bangsa kita telah melewati hidup yang keras dibawah penjajahan selama bertahun-tahun, kebayang dong bagaimana sulitnya waktu itu.Tapi, berkat pendahulu bangsa kita juga, kita berhasil keluar dari belenggu penjajahan.

Dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia, banyak sekali acara yang diselenggarakan, seperti bersih desa, menghias desa, lomba-lomba, dan lain-lain. Banyak juga nih perusahaan-perusahaan yang bagi-bagi hadiah atau giveaway spesial untuk merayakan kemerdekaan Indonesia. Wah, meriah banget ya. Jangan sampai ketinggalan giveawaynya sobat.

Tapi, kalian sebenarnya tahu nggak sih makna dari kemerdekaan itu sendiri? Apa hanya karena kita terbebas dari penjajahan dan perang, kita sudah merdeka? Jawaban itu benar, namun sebagai generasi penerus bangsa, kita harus bisa menemukan makna sesungguhnya dari kemerdekaan itu sendiri.

Merdeka bukan Berarti Akhir dari Perjuangan

Beberapa orang masih berpikir bahwa setelah Indonesia merdeka, kita akan hidup aman dan tentram sampai akhir hayat. Padahal di luar sana banyak sekali hal-hal yang mungkin mengancam kedaulatan negara ini. Kita sebagai warga negara yang baik, tidak bisa hanya berdiam diri menikmati kemerdekaan yang diberikan oleh para pendahulu kita. Pernah dengar quote “meraih lebih mudah daripada mempertahankan”? Nah, itulah yang harus kita renungkan kembali. Kemerdekaan sudah ada, sekarang kita harus berupaya keras untuk mempertahankan, bahkan mengembangkan negara ini agar tumbuh menjadi negara yang lebih baik dari sebelumnya.

Momen Pemersatu Bangsa

Sering sekali kita mendengar berita tentang perseteruan antar-sesuatu di Indonesia, entah itu suku, agama, bahkan pandangan seseorang. Padahal, kita adalah satu, bangsa Indonesia. Tidak semestinya kita bertikai hanya karena hal-hal sepele dan sebisa mungkin menghindarinya. Dengan bertambahnya usia Indonesia ke-75 tahun ini, semoga bangsa Indonesia bisa lebih menjaga diri, menghormati, dan menghargai agar tidak saling menyakiti saudara sendiri.

Kemerdekaan Indonesia adalah Bukti bahwa Masyarakat Indonesia Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Hal ini adalah hal yang sering dilupakan bangsa kita sendiri. Kita terlalu sibuk meninggikan ego dan menjatuhkan satu sama lain, padahal kita adalah satu. Kita memiliki banyak keberagaman, mulai dari suku, agama, budaya, dan lain-lain sehingga dengan keberagaman kita ini seharusnya menjadikan kita kekuatan yang besar dari suatu negara yang bahkan tidak dimiliki negara lain. Sudah sepantasnya kita bangga dan melestarikan hal ini, bukan?

Jadi, mari kita mulai berdamai dan menerima keberagaman yang dimiliki Indonesia. Kita adalah satu, kita adalah Indonesia.

sumber : idntimes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *