Uncategorized

A Little Thing Called ‘Overthinking’

cr. twitter

Semenjak virus Corona menyebar, semakin banyak hal yang kita lakukan di rumah. Di rumah setiap hari, belum tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Terkadang juga memicu overthinking yang membuat diri kita tertekan. Lalu, apa sih sebenarnya overthinking itu?
Overthinking adalah berpikir berlebihan. Bukannya bagus ya, banyak berpikir agar kita lebih hati-hati? Ya bagus sih, hanya saja nggak semua hal di dunia ini harus dipikirkan terus menerus. Overthinking sendiri cenderung memikirkan hal-hal yang remeh bagi sebagian besar orang. Kondisi overthinking bahkan sudah dicap sebagai epidemi. Sebuah hasil studi yang dilakukan Universitas Michigan, ditemukan bahwa 73% dari golongan usia 25-35 tahun dan 62% dari golongan usia 45-55 tahun memiliki kebiasaan overthinking. Ngeri juga, ya?
Sebagai kaum penerus bangsa ini, kita juga tidak boleh menjadi seorang yang overthinking. Overthinking jika dibiarkan akan mempengaruhi kesehatan mental kita di kemudian hari. Nggak mau kan kalau sampai betulan terjadi? Nah, berikut adalah tips berhenti overthinking :
1. Tanyakan pada diri kita, apakah kekhawatiran yang kita miliki merupakan fakta atau pikiran kita yang kemana-mana?
2. Kenali kapasitas tubuh. Seringkali, ketika fisik kita lelah menjadikan mental kita juga ikut lelah. Jadi, istirahat yang cukup ya.
3. Mengurangi obsesi untuk menjadi “sempurna”. Ingat, kita adalah manusia yang pasti ada kelebihan dan kekurangan. Mari kita belajar berdamai dengan ketidaksempurnaan.
4. Menerima kenyataan bahwa kita tidak bisa mengubah apapun yang telah terjadi. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan.
5. Menyadari bahwa kita juga tidak akan benar-benar tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Mau dipikirkan sekeras apapun, masih bisa terjadi hal yang tak terduga.
6. Melakukan refreshing, terutama olahraga. Berada dalam ruangan terus menerus pasti bikin bosan dan stress, jadi kita bisa mulai menghirup udara segar sejenak untuk memperbaiki mood.
7. Ambil napas dalam-dalam, lalu buang secara perlahan. Lakukan selama beberapa menit sampai kita merasa lebih tenang.
8. Terakhir, katakan pada diri kita bahwa kita telah melakukan yang terbaik dan semua akan baik-baik saja.

Itu dia 8 cara agar kita bisa berhenti overthinking. Mungkin sedikit susah, tapi kalau kita niat pasti bisa menjalaninya. Berpikir itu baik, tujuannya agar kita tidak mengambil langkah yang salah. Namun, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, kan? Maka dari itu, mari kita ubah kebiasaan buruk kita dan menyembuhkan diri perlahan-lahan.
Sekian postingan kali ini, semoga kita senantiasa dilindungi Yang Maha Kuasa. Sampai jumpa di postingan berikutnya~
Sumber : sehatq, rahasia gadis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *