Uncategorized

Rendahnya Minat Baca Seiring Perkembangan Teknologi

 

cr. tumblr

 Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis. (Hodgson dalam Tarigan, 2008: 7) Sejak kecil sampai sekarang, manusia masih terus melakukan aktivitas membaca. Manusia sendiri membaca untuk mencari sumber informasi atau bahkan sekadar hobi. Membaca memiliki banyak manfaat antara lain untuk menstimulasi mental, menambah pengetahuan, memperbanyak kosakata, meningkatkan memori, serta meningkatkan fokus dan konsentrasi. Sangat banyak sekali kan manfaatnya?
Namun seiring perkembangan teknologi, justru berbanding terbalik dengan minat baca seseorang. Perkembangan teknologi memudahkan kita untuk mengakses berbagai informasi. Sebagai mahasiswa, kita pasti sering menggunakan mesin pencari untuk mengerjakan tugas dibandingkan literatur aslinya. Kita juga terkadang memilih untuk membaca sekilas di suatu web lalu copy paste tanpa mencari kebenaran sumber tersebut. Padahal, dengan kita membaca dari literatur asli akan membuat kita belajar dan mengingat materi tersebut secara tidak langsung.
Kini literatur asli tidak hanya berbentuk buku, namun sudah tersedia dalam bentuk e-book agar kita lebih mudah untuk mencarinya. Jika kita masih sulit untuk membaca, cobalah untuk membaca sesuatu yang kita senangi terlebih dahulu, seperti komik. Meskipun komik berfungsi sebagai sarana hiburan, tapi di dalamnya selalu terdapat pengetahuan menarik yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya. Setelah puas dengan komik, kita bisa bergeser sedikit ke novel atau bahan bacaan apapun yang menarik perhatianmu.
Sebagai generasi muda bangsa ini, kita harus membiasakan diri untuk membaca agar berwawasan luas. Dengan hal ini, kita bisa membantu memberi informasi pada orang-orang yang membutuhkan serta terhindar dari berbagai hoax.

 

Oleh : Jung

6 Komentar

  • admin

    wah, banyak banget dear. kalo admin sendiri biasanya sebulan sekali beli buku bacaan favorit, terus dibaca sebelum tidur. satu halaman cukup lah, nggak perlu banyak-banyak. yang namanya pembiasaan kan harus bertahap hehe. kakak mending cari buku dengan genre kesukaan kakak dulu, baru deh dicoba tips dari admin hehe. asalkan ada niat, in syaa Allah akan tumbuh sendiri kesenangan akan membaca. semangat:)

  • Iffa Abdillah K

    Iya kak. Seiring berkembangnya teknologi, kita jarang sekali membaca apalagi lewat buku nih, kadang di hp atau laptop kita juga baca nya whats'app, twitter dll, kurang banget mambaca informasi. Kadang jadi suka prihatin sih, mereka tau info dikit disebar bahkan belum tahu itu benar apa tidak, jadi banyak nimbulin fitnah. Miris. Jadi buat netizen sekalian tolong jangan suka share sembarangan.

  • admin

    benar sekali, padahal di sosial media sangat rawan akan berita hoax. semoga sobat-sobat pembaca selalu bisa menyaring sebelum mensharing ya:)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *