Humaniora

Menghafal?

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, Al-Quran adalah kitab Allah swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw sebagai Mu’jizat terbesar Beliau, pedoman hidup bagi seluruh umat manusia serta sebagai penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya. Dibanding dengan kitab-kitab yang turun sebelumnya, (taurat, zabur dan injil) Al-Quran memiliki banyak keistimewaan karena Allah swt sendiri yang menjamin keasliannya sampai pada hari kiamat nanti. Keistimewaan lain dari Al-Quran ialah karena mudah untuk dipelajari serta mudah untuk dihafalkan bagi semua umat muslim tentunya. Untuk menghafal Al-Quran dibutuhkan hati yang ikhlas dan penuh kesabaran. Selain itu tentunya harus optimis dan yakin bisa menghafal seluruh isi dari Al-Quran. Allah swt berfirman, “Dan Sungguh, telah Kami mudahkan Al-Quran untuk peringatan, maka adakah orang mau mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar [54]: 17).
Seberapa cepat seseorang menghafal Al-Quran bergantung pada kesempatan dan kecakapan masing-masing. Hal tersebut bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut:
1.      Menghafal sesuai kemampuan setiap hari, kemudian mengulanginya pada hari yang sama.
2.      Membaca ayat yang akan dihafalkan dengan tajwid dan secara tartil didepan guru. Hal ini akan mempermudah seseorang mendapatkan hafalan yang sempurna.
3.      Menelaah tafsir ayat yang akan dihafal. Hal ini akan memperkuat hafalan seseorang karena ia mengerti makna dari ayat yang dihafalkannya.
Waktu yang dihabiskan untuk menghafal Al-Quran bagi para penghafal juga berbeda-beda, tergantung kecakapan masing-masing penghafal. Semakin banyak ayat yang dihafalkan setiap harinya makam semakin cepat pula penghafal tersebut untuk khatam. Jika ia mampu menghafalkan setengah halaman dari Al-Quran dalam sehari secara rutin, maka kurang lebih ia akan menghabiskan waktu 3 tahun, 4 bulan dan 24 hari. Sedangkan jika 1 halaman setiap harinya maka membutuhkan waktu 1 tahun, 8 bulan dan 12 hari dan jika 2 halaman tiap harinya maka ia dapat mengkhatamkan hafalannya dalam waktu hanya 10 bulan 6 hari. Insyaallah.

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *