Uncategorized

PENDIDIKAN ANAK BERBAKAT

Pendidikan anak berbakat, begini caranya..
Oleh : U’un Ma’rifatul Jannah


Mengenai anak tentunya hal yang sangat sensitif dibicarakan terutama oleh pasangan-pasangan muda yang baru saja memiliki anak terutama dalam hal masa depan anaknya, tentu semua orang tua di dunia ini menginginkan hal yang terbaik untuk anaknya kelak. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai pendidikan untuk anak agar menjadi anak berbakat. Hal mendasar mengenai anak berbakat tentunya pendidikan yang diberikan oleh kedua orang tuanya sendiri, bagaimana cara orang tua mendidik anak agar menjadi berbakat?
Anak adalah sebuah anugerah pemberian tuhan yang sangat luar biasa bagi kedua orang tua. Anak terlahir di dunia ini dengan segala perbedaan baik dari segi fisik, kecerdasan, kemampuan, dan bakatnya. Kemudian, apa sih anak berbakat itu? Anak berbakat adalah anak yang memiliki kemampuan yang berbeda dari yang lain baik itu sudah ada dalam diri seorang anak maupun dari asahan orang tua dan lingkungan sekitarnya.
Pendidikan adalahusaha sadar dan terencana yang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan  dengan tujuan yang baik jadi bisa dikatakan bahwa pendidikan merupakan  cara pembelajaran dan pengajaran yang diberikan kedua orang tua terhadap anak-anaknya yang dilakukan secara terus menerus hingga anak itu mengerti dan dapat menjadi mandiri. Mengenai pendidikan agar anak menjadi berbakat ialah dengan dua hal yakni :
Orang tua harus mengenali anak
Sesuai dengan yang dikatakan pepatah, bahwa tak kenal maka tak sayang. Begitupun kedua orang tua harus mengenali anaknya sendiri baik sifat,sikap,tingkah laku, dan terutama  bakat. Mengapa harus begitu? Karena orang tua adalah sosok yang terdekat dalam lingkungan seorang anak. Untuk menentukan apa bakat anak dengan cara melihat perilaku kebiasaan si anak tersebut. Semisal, anak itu suka menulis dan bermain warna yaa mungkin anak itu bakat menggambar, atau anak suka berbicara tanpa berhenti dengan suara nada-nada yaa mungkin anak itu berbakat dalam hal menyanyi, dan lain sebagainya. Dari perilaku yang dilakukan anak tentunya orang tua dapat menelaah sendiri ataupun mengira mengenai apa bakat dari anaknya tersebut.
Orang tua memberikan kesempatan kepada anak
Apabila orang tua sudah mengenali anaknya baik itu masih mengira bakatnya, kemudian orang tua hendaknya memberikan kesempatan kepada anak dengan banyak cara. Misalnya, anak yang berbakat menyanyi bisa dimasukkan ke sekolah musik atau les vokal. Meskipun begitu, sebenarnya pendidikan yang terbaik bagi anak adalah yang diberikan oleh kedua orang tuanya, namun melihat kesibukan orang tua pada zaman sekarang ini tentunya orang tua lebih banyak memilih untuk memasukkan anaknya ke sekolah agar dididik oleh seorang guru. Tapi percayalah, bahwa anak akan lebih mampu jika dididik oleh orang tuanya sendiri dan bahkan itu bisa menjadikan hubungan anatara kedua orang tua dan anak menjadi lebih dekat.
Buah jatuh tak akan jauh dari pohonnya, sama halnya dengan seorang anak yang tak akan beda jauh oleh orang tuannya. Jadilah orang tua yang terbaik dengan mendidik anak dengan cara yang terbaik agar anak menjadi sosok yang terbaik. Tetap semangat dan jangan mengeluh, karena sejatinya apa yang kita tanam maka itu pula yang akan kita tuai nantinya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *