Uncategorized

PSP

Psychosocial Support Program (PSP)
Tahukah kalian apa itu Psychosocial Support Program? Psikososial terdiri dari dua kata yaitu “Psiko” yang berarti internal-pikiran, perasaan, nilai, kepercayaan yang dianut individu; dan kata “Sosial” yang berarti eksternal- hubungan antara individu dengan lingkungannya. Jadi Psikososial adalah hubungan dinamis antara aspek psikologi dan sosial, dimana masing-masing saling berinteraksi dan mempengaruhi secara berkelanjutan. 
Dampak psikologis berbeda dengan dampak sosial. Dampak psikologis adalah dampak yang mempengaruhi pikiran, keyakinan, perasaan dan perilaku. Sedangkan dampak sosial adalah dampak yang mempengaruhi hubungan sosial (dengan keluarga, teman, masyarakat), kegiatan masyarakat, dan lingkungan.
Psychological first aid atau pertolongan pertama psikologis adalah tindakan pertama yang dilakukan dalam durasi singkat kepada seseorang yang baru saja mengalami bencana, krisis, dan keadaan darurat untuk membantu keadaan pada saat itu. Tujuan diberikannya pertolongan pertama psikologis ini adalah untuk memenuhi kebutuhan mendesak dasar, mengurangi tingkat stress yang dialami, dan memperkuat daya adaptasi alami sehingga bisa mencegah dampak gangguan yang lebih parah serta membantu proses pemulihan alami.
Pertolongan pertama psikologis bisa dilakukan oleh siapa saja, hal ini dikarenakan bersifat umum dan sederhana. Selain itu tindakan yang dilakukan juga bukan merupakan tindakan yang memerlukan penanganan profesional. Terdata 5 langkah mudah yang bisa dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama psikologis, diantaranya yaitu pertama, penuhi kebutuhan yang mendesak. Kedua, dengarkan keluhan dari penyintas. Ketiga, terima segala bentuk perasaan yang ditumpahkan penyintas. Keempat, bantu dengan langkah lebih lanjut. Kelima, arahkan dan tindak lanjuti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *