Kesehatan

OBAT-OBATAN

OBAT-OBATAN 
Semua diantara kita sudah pasti pernah meminum obat bukan? Namun tahukah kalian apakah pengertian obat itu? Obat adalah zat atau bahan yang dalam jumlah/dosis tertentu dapat meringankan atau menyembuhkan orang sakit. Obat yang diberikan kepada orang sakit harus sesuai dengan dosisnya. Hal ini dikarenakan jika melebihi dosis yang telah ditentukan akan menjadi racun bagi penderita sakit.
Obat dibedakan dalam berbagai jenis, diantaranya yaitu:
1.       Berdasarkan Bahan yang Dipakai. Berdasarkan bahan yang dipakai, obat dibedakan menjadi dua macam yaitu obat alami atau tradisional dan obat sintesis. Obat alami atau tradisional adalah obat yang bahan pembuatannya berasal dari alam seperti daun-daunan atau za-zat lain yang dihasilkan oleh tumbuhan. Sedangkan obat sintesis adalah obat yang bahan pembuatannya berasal dari bahan sistesis.
2.   Berdasarkan Cara Pemakaian. Berdasarkan cara pemakaiannya, obat dibedakan menjadi 3 macam yaitu obat luar, obat dalam, dan obat suntik. Obat luar adalah obat yang dipakai untuk anggota luar badan.obat dalam adalah obat yang dimasukkan ke dalam perut melalui mulut. Dan obat suntik adalah obat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia melalui suntikan.
3.  Berdasarkan Bentuk. Berdasarkan bentuknya, obat dibedakan menjadi beberapa macam diantaranya yaitu obat cair, obat padat, tablet, kapsul, kaplet, puyer, salep, dan gas atau uap.
4.   Berdasarkan Kegunaannya. Berdasarkan kegunaannya, obat dikelompokkan menjadi dua yaitu obat untuk mencegah suatu penyakit dan obat untuk menyembuhkan penyakit.
5.     Berdasarkan Khasiatnya. Berdasarkan khasiatnya, obat dibedakan menjadi beberapa macam diantaranya yaitu obat antibiotik, analgetik/antipiretik, antihistamik, hormon carticosteroid, antitusive, chematherapiutika, antacida, simptomatis, dan antispasmodika. Antibiotik adalah obat anti infeksi. Analgetik/antipiretik adalah obat untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Antihistamik adalah obat untuk mengurangi gejala alergi. hormon carticosteroid adalah obat untuk mengobati segala gejala reumatik. Antitusive adalah obat untuk menekan batuk tanpa mengencerkan lendir. Chematherapiutika adalah obat untuk mengobati infeksi bakteri. Antacida adalah obat untuk menetralisir asam lambung yang berlebihan. Simptomatis adalah obat untuk menghilangkan gejala penyakit. Dan antispasmodika adalah obat untuk mengendorkan otot polos.
6.     Berdasarkan Jenisnya. Berdasarkan jenis peredarannya, obat dibedakan menjadi tiga macama yaitu obat bebas, obat bebas terbatas, dan obat keras. Obat bebas adalah obat yang dapat dibeli secara bebas di toko obat atau apotik. Cirinya terdapat tanda lingkaran biru dengan tepi hitam pada kemasannya. Obat bebas terbatas adalah obat yang penjualannya dalam jumlah tertentu. Cirinya terdapat tanda lingkaran biru dengan tepi hitam pada kemasannya. Obat keras adalah obat yang pembeliannya harus dengan resep dokter dan hanya dapat dibeli di apotik. Pada kemasannya diberi tanda lingkaran warna merah dengan tepi hitam dan ada huruf K di tengahnya.
Nah, itu tadi beberapa macam obat yang ada di sekitar kita. Semoga kita mampu membedakan obat sesuai dengan kegunaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *