Kesehatan

Penanganan Keracunan

KERACUNAN


Racun adalah suatu zat yang jika masuk ke dalam tubuh manusia dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan reaksi tubuh yang tidak diinginkan, bahkan dapat menimbulkan kematian. Jadi, keracunan adalah masuknya sejumlah racun ke dalam tubuh manusia hingga menimbulkan reaksi tubuh yang tidak diinginkan. Keracunan dapat terjadi karena disengaja ataupun tidak disengaja. Disengaja disini adalah seperti seseorang yang sengaja minum obat-obatan kimia sehingga berujung pada kematian. Sedangkan tidank sengaja contohnya adalah makanan atau minuman yang telah tercemar oleh kuman atau zat kimia tertentu, salah minum obat, makan singkong yang mengandung kadar sianida tinggi atau menghirup udara yang tercemar gas beracun.
Racun dapat memasuki tubuh manusia melalui beberapa cara, diantaranya yaitu melalui mulut dan alat pencernaan, melalui pernafasan, melalui kontak kulit, dan melalui suntikan atau gigitan. Gejala dan tanda keracunan, biasanya sesuai dengan jalur masuknya racun ke dalam tubuh manusia. Bila melalui saluran pencernaan, maka gangguan utama akan terjadi pada saluran pencernaan. Bila masuk melalui saluran pernafasan, maka yang terganggu adalah saluran pernafasannya. Begitu pula pada lainnya.
Penanganan keracunan secara umum dimulai dengan pengamanan sekitar, terutama bila berhubungan dengan gigitan binatang. Pengamanan korban dan penolong bila berada di daerah yang mengandung gas beracun. Kemudian lakukan penilaian dini. Bila racun masuk melalui kontak langsung dengan kulit, buka baju dan bersihkan sisa racun yang masih menempel di kulit. Bila racun masuk melalui saluran pencernaan, upayakan untuk mengencerkan racun tersebut. Terus awasi jalan napas korban, terutama bila respon korban menurun atau korban muntah. Jika menemukan petunjuk seperti pembungkus, sisa muntahan, dan sebagainya sebaiknya diamankan untuk proses identifikasi selanjutnya. Jika terjadi syok, lakukan pertolongan pertama untuk menangani syok. Pantau tanda vital secara berkala dan segera rujuk ke fasilitas kesehatan terdekat. Semoga bermanfaat J
By : Dias Mira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *