Uncategorized

Hari Kartini

HARI KARTINI 
Tanggal 21 April 2018 merupakan tanggal yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Ya, pada tanggal tersebut adalah tanggal yang diperingati sebagai hari Kartini. Adapun tujuan dari peringatan Hari Kartini ini adalah untuk menghormati dan memperingati perjuangan R.A Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan kesempatan antara kaum laki-laki dan perempuan. Kartini adalah sosok pejuang yang telah memperjuangkan hak-hak perempuan hingga perempuan tidak lagi dipandang sebelah mata. 
Sebagai generasi muda, hendaknya kita mampu memaknai lebih peringatan Hari Kartini ini. Kita bisa melakukannya dengan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi orang lain. Banyak pemikiran-pemikiran dari Kartini yang bisa dijadikan contoh oleh generasi muda saat ini dalam memajukan bangsa. Salah satunya yang paling terkenal adalah Habis Gelap Terbitlah terang. Perkataan ini mengajarkan kepada semua orang bahwa setiap kejadian dan peristiwa pasti ada hikmah dibaliknya. Oleh karena itu, hendaknya manusia selalu mensyukuri setiap kejadian yang terjadi dihidup ini. 
Meskipun telah ada kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan, hendaknya seorang perempuan tidak kehilangan kodratnya sebagai seorang wanita. Kartini sendiri mengatakan “Kita Dapat Menjadi Manusia Seutuhnya Tanpa Berhenti Menjadi Wanita Seutuhnya”. Perkataan ini mengindikasikan bahwa sebagai wanita boleh saja berkarir dan berkarya namun tidak boleh melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan. Ada beberapa hal yang hanya bisa dilakukan oleh laki-laki dan kurang cocok jika dilakukan oleh perempuan. Sebagai perempuan, boleh saja menuntut agar disetarakan dengan laki-laki, namun yang perlu diingat adalah perempuan diciptakan berbeda dengan laki-laki agar dapat saling melengkapi. Jika demikian, maka tidak mungkin untuk mewujudkan pikiran yang mempresepsikan bahwa perempuan harus sama dan setara dengan laki-laki. 
Lantas bagaimana kita memaknai peringatan Hari Kartini saat ini? Peringatan Hari Kartini tidak harus selalu identik dengan memakai baju kebaya dan memasang konde. Peringatan Hari Kartini di zaman millennial seperti sekarang ini bisa dilakukan dengan berkarya dan berkontribusi lebih untuk masyarakat sekitar. Kartini di zaman sekarang harus lebih pintar dan cerdik. Tantangan yang dihadapi saat ini sangat berbeda dengan apa yang terjadi di masa lampau. Oleh karena itu, perempuan zaman sekarang harus mampu beradaptasi secara cepat dengan perkembangan zaman. Banyak contoh perempuan-perempuan sukses dan inspiratif yang bisa disebut sebagai Kartini masa kini. Mari kita maknai peringatan Hari Kartini ini dengan sebaik-baiknya demi kemajuan bangsa dan negara.
Selamat Hari Kartini !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *