Uncategorized

Hidup sehat ala Rosulullah

HIDUP SEHAT ALA RASULULLAH 
Terkadang kita terjebak dengan pikiran bahwa menjaga kualitas kesehatan itu sulit dan memerlukan biaya besar kan? Padahal, aslinya sangat simpel dan mudah. Nabi SAW mencontohkan ini dalam kehidupannnya dan dapat dengan mudah kita tiru.
Dan berikut ini 10 cara hidup sehat pagi sampai malam ala Rasulullah:
  •  Bangun Shubuh
Rasul selalu mengajak ummatnya untuk bangun sebelum shubuh, melaksanakan sholat sunah dan sholat Fardhu, shalat subuh berjamaah. Hal ini memberi hikamah antara lain:
v  Berlimpah pahala dari Allah
v  Kesegaran udara shubuh yang bagus untuk kesehatan misalnya untuk terapi penyakit TBC.
v  Memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan.
Dengan bangun pagi,  pikiran dan perasaan juga biasanya lebih segar dan rileks. Bangun shubuh juga dapat mencegah stroke dan tekanan darah tinggi yang umumnya rentan terjadi pada waktu itu karena penyempitan pembuluh darah. Di luar itu sebenarnya terkait asupan awal yang yang diterima tubuh, yakni udara segar. Menurut para pakar udara, waktu subuh sangat baik karena kaya oksigen dan relatif masih bersih tak terkotori unsur lain. Udara yang baik tentu saja berguna untuk metabolisme tubuh dalam beraktivitas seharian penuh.
  •   Minum air putih dan madu
Nabi biasa membuka sarapan dengan air putih dan sesendok madu. Dua unsur ini sangat luar biasa manfaatnya. Madu Masyur sebagai penyembuh dan air putih kaya akan mineral yang menyukupi kebutuhan tubuh akan cairan dan sebagai pencuci hati. Madu juga terkenal sebagai unsur yang dapat membersihkan usus dan mencegah peradangan
  •   Mengkonsumsi Minyak Zaitun
Saat siang dan menjelang sore, nabi juga biasa mengkonsumsi cuka, minyak zaitun dan roti. Kombinasi makanan ini ternyata dapat menguatkan tulang, mencegah kepikunan serta menghancurkan kolestrol jahat dalam tubuh.  Pada musim dingin, makanan ini sangat baik menjaga kestabilan suhu tubuh. 
  • Aktif Menjaga Kebersihan
Rsul selalu senantiasa rapi dan bersih, tiap hari kamis atau jumat beliau mencuci rambut-rambut halus di pipi, selalu memotong kuku, bersisir dan berminyak wangi. “Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang-orang dewasa. Dmikian pula menggosok gigi dan memakai harum-haruman” (HR Muslim)
  •  Tidak Banyak Makan
Sabda Rasul : “Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan)” (Muttafaq Alaih)
Dalam tubuh manusia ada 3 ruang untuk 3 benda: sepertiga untuk udara, sepertiga untuk air dan sepertiga lainnya untuk makanan. Bahkan ada asatu tarbiyyah (pembelajaran) khusus bagi umamat Islam dengan adanya Puasa Ramdhan untuk menyeimbangkan kesehatan.
  •  Gemar Berjalan kaki
Rasul selalu berjalan kaki ke Masjid, pasar, medan jihad, mengunjungi rumah sahabat, dan sebagainya. Dengan berjalan kaki, keringat akan mengalir, pori-pori terbuka dan peredaran darah akan berjalan lancar. Ini penting untuk mencegah penyakit jantung.
  •  Tidak Pemarah.
Nasihat rasulullah: “Jangan Marah” diulangi sampai 3 kali. Ini menunjukkan hakikat kesehatan dan kekuatan Muslim bukanlah terletak pada jasadiyah belaka, tetapi lebih jauh yaitu dilandasi oleh kebersihan dan kesehatan jiwa. Ada terapi yang tepat untuk menahan marah:
v  Mengubah posisi ketika marah, bila berdiri maka duduk, dan bila duduk maka berbaring.
v  Membaca Ta’awwudz (a’uzdzubillahimina asy-syaithonnirrjiim), karena marah itu dari syaithan.
v  Segeralah berwdhu.
v  Shalat 2 rakaat untuk meraih ketenangan dan menghilangkan kegundahan hati.
  •    Optimis dan Tidak Putus Asa
ikap optimis akan memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi kelapangan jiwa sehingga tetap sabar, istiqamah dan bekerja keras, serta tawaqal kepada Allah SWT.
  • Tak pernah Iri Hati
Untuk menjaga stabilitas hati dan kesehatan jiwa dan mentalitas maka menjauhi iri hati merupakan tindakan preventif yang sangat tepat. Keculali untuk iri kepada 2 hal:
v  Iri kepada orang yang memiliki harta yang melimpah tapi tidak segan untuk menafkahkan hartanya dijalan kebaikan.
v  Iri kepada orang yang memiliki ilmu pengetahuan yang luas tapu tidak sungkan untuk mengjarkannya kepada orang lain siapapun tanpa pilih kasih.
  •   Makan Sayuran di Malam Hari
Konsumsi sayuran di malam hari juga dilakukan rasulullah SAW. Beberapa  riwayat mengatakan, Rasulullah SAW selalu mengkonsumsi sana ala makki dan sanut. Menurut Prof. Dr. Musthofa, di Mesir keduanya mirip dengan sabbath dan ba’dunis. Nama in tak lain adalah sayuran yang juga banyak kita temui di negara kita. Bentuk olahan sayuran tertentu banyak ragamnya, seperti CapCay, Sayur Lodeh, Sayur Sup dll.
Semoga beberapa cara hidup sehat ala Rasulullah di atas dapat memberi manfaat kepada kita semua untuk hidup sehat tentunya.

4 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *