Uncategorized

Efek Stress Berkepanjangan


Kehidupan manusia yang dipenuhi dengan berbagai kesibukan mulai dari kesibukan pribadi, pekerjaan, dan mengurus anaknya (terutama bagi perempuan) membuat seseorang mudah mengalami stress. Menurut siagian (2003: 300), mengemukakan bahwa stress adalah suatu kondisi ketegangan yang berpengaruh terhadap emosi, jalan pikiran, dan kondisi fisik seseorang. Sedangkan menurut Hasibuan H. Malayu S.P (2003), stress adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang pada orang yang mengalami stress menjadi nervous dan merasakan kekuatan kronis. Mereka sering menjadi marah-marah, agresif, tidak dapat relaks atau memperhatikan sikap yang tidsk mengatasinya. Jadi stress adalah suatu keadaan dimana badan kita itu mengalami suatu ketegangan yang mempengaruhi emosi, pikiran, dan kondisi fisik sehingga kita mudah terpancing emosi (marah).
    Ada berbagai penyebab kita terkena stress salah satunya yakni karena ketidak mampuan jiwa kita dalam mengatasi sebuah masalah.  Stress tidak hanya timbul pada diri kita sendiri, melainkan juga dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berada di sekitar kita. Adpun faktor yang menimbulkan stress adalah:
  1. Faktor lingkungan
  2. Faktor organisasi
  3. Faktor pribadi
Adapun gejala stress yang dapat dikenali sejak dini adalah:
1.      Keringat berlebihan
2.      Gigi bergesek/ gemerutuk
3.      Dada mengencang
4.      Rambut rontok
5.      Perubahan kebiasaan tidur
6.      Kesulitan bernafas
7.      Nyeri otot
8.      Mudah lelah
9.      Berat badan naik/ turun drastis
Dari beberapa paparan penyebab dan gejala/ tada-tanda stress di atas maka saya akan mengupas sedikit solusi menghilangkan stress. Karena dengan stress yang berkepanjangan akan menimbulkan depresi yang membuat tubuh menjadi semakin drop dan tidak terkendali. Mari kita simak cara dari mengatasi stress, sebagai berikut:
  1. Duduk bersila dengan tulang punggung tegak dan mata terpejam
  2. Mengambil napas dan mengeluarkannya sambil kedua tangan didorongkan keatas dengan tekanan dan sebalikya
  3. Ulangi gerakan tersebut sampai 20 kali
  4. Menggunakan aromaterapi
  5. Tertawa riang
  6. Mendengarkan musik, terutama pada lagu yang melow (yang dapat membawa tubuh mengikuti alur lagu dan mendalami nya)
  7. Berain game
  8. Positif thinking
Stress bukanlah suatu keadaan dimana kita merasa pusing apa yang kita lakukan saja, tetapi stress juga membuat pekerjaan kita yang terstruktur menjadi berantakan. Stress harus cepat ditangani apabila tidak dapat menyebabkan depresi yang akan lebih mengganggu kita dalam melakukan aktifitas dan pekerjaan. Banyak efek negatif yang ditimbulkan oleh stress mulai dari yang ringan hingga yang kronis sekalipun. Salah satunya adalag stress dapat membuat badan kita menjadi drop karena hilangnya nafsu makan sebagai sumber pokok bagi tubuh kita tersebut, kondisi fisik terganggu. Selain itu stress juga menyebabkan seseorang sakit jantung. Itu adalah sebuah gambaran dari efek stress sendiri. Selain kedua efek tersebut, masih banyak lagi efek stress yang dapat ditemukan di sekeliling kita. (Tetes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *