Uncategorized

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan


          Banyak penelitian membuktikan bahwa merokok menyebabkan kecanduan dan menyebabkan banyak gangguan kesehatan, seperti kanker, impotensi, penyakit jantung, pencernaan, pernapasan, gunjal, dan efek buruk bagi kesehatan kehamilan. Dampak dari merokok memang sangat banyak dan sangat mengganggu kesehatan, maka dari itu kita yang merokok ataupun yang tidak merokok harus menjauhi asap rokok ini, karena meskipun kita tidak merokok tetapi jika kita mendekat dan menghirup secara langsung asap rokok ini sangat berbahaya.
        Apabila dilihat dari sejarahnya, awalnya merokok dilakukan oleh suku bangsa Indian di Amerika. Merokok dilakukan oleh suku ini untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Kemudian pada abad ke 16 bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sehingga sebagian dari penjajah Eropa ikut mencoba-coba menghisap rokok dan membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan merokok muncul di kalangan bangsa Eropa. Sampai pada abad ke 17 pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk ke negara-negara islam. Didalam satu batang rokok terkandung sekitar 4000 macam zat kimia dan dalam kandungan rokok tersebut setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan manusia. Racun utama pada rokok tersebut adalah:
*                  Tar adalah bahan dasar pembuat aspal dan zat ini bisa menempel pada paru-paru. Tar dapat membunuh sel dalam saluran darah serta dapat meningkatkan produksi lendir pada paru-paru. Nikotin adalah zat yang dapat membuat orang ketagihan, merusak jaringan otak, dan menyebabkan pembekuan darah, serta mengeraskan dinding arteri. Zat ini bersifat karsinogen, sehingga dapat memicu kanker paru-paru. Karbon monoksida adalah zat yang dapat mengikat Hb dalam darah, sehingga darah tidak mampu mengikat oksigen.  
                   Efek racun pada pada rokok membuat penghisap asap rokok mengalami resiko (dibandingkan yang tidak menghisap asap rokok):  14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan, 4x menderita kanker eshopagus,  2x kanker kandung kemih, dan2x serangan jantung. Hal diatas jelas bahwa merokok menyebabkan banyak gangguan pada kesehatan, tidak hanya bagi perokok itu sendiri tetapi juga orang-orang terdekat kita. Banyak fakta membuktikan bahwa merokok membebani ekonomi keluarga untuk tujuan yang tidak produktif. Oleh karena itu, jika kalian sayang diri kalian, keluarga,orang-orang sekitar dan lingkunga. Maka berhenti merokok mulai dari sekarang….!!!! (Tantika Safitri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *