Uncategorized

10 Fakta Tentang Nata de coco


Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang khas, membuat nata de coco memberikan sensasi tersendiri ketika dikonsumsi. Nata de coco dapat diaplikasikan dalam berbagai hidangan, mulai dari minuman hingga aneka masakan. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai Nata de coco disini saya akan menyajikan 10 fakta tentang Nata de coco, yaitu:
1Nata Berarti Terapung-Apung                          
Nata berasal dari bahasa Spanyol  yang diterjemahkan ke bahasa latin sebagai natare, yang artinya terapung -apung.Dibuat Dari Sari Buah Nanas. Pada awalnya, nata dibuatmenggunakan sari buah nanas sebagai bahan baku, yang produknya disebut sebagai nata  de pina.
2Dibuat Dari Sari Buah Nanas
Pada awalnya, nata dibuat menggunakan sari buah nanas sebagai bahan baku, yang produknya disebut sebagai nata de pina.
3Beralih Ke Air Kelapa
Mengingat bahan baku sari nanas yang bersifat musiman, maka kemudian dicari alternative bahan baku lain. Pilihan kemudian jatuh pada air kelapa.
4Santan Lebih Baik
Perkembangan terakhir ternyata menunjukkan, bahwa produksi nata de coco dengan menggunakan bahan baku santan menghasilkan produk dengan sifat yang lebih baik, termasuk dari segi tekstur, warna, penampakan, dan lain-lain.
5Hasil Kerja Mikroba
Nata de coco berasal dari fermentasi air kelapa atau santan oleh mikroba Acetobacter xylinum yang mengubah gula/santan menjadi serat-serat selulosa. Semakin lama, serat-serat tersebut menjadi lebih tebal membentuk massa berwarna putih, padat, dan kenyal.
6Sumber Serat pangan
Selulosa pada nata de coco dapat menjadi sumber serat pangan (dietary fiber) yang penting untuk mendukung kesehatan manusia. Kandungan Gizi Selain kaya akan serat, nata de coco yang dihidangkan dengan sirup juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, dan Vitamin B12. Kandungan gizinya tergantung formula yang digunakan.
7Kandungan Gizi
Selain kaya akan serat, nata de coco yang dihidangkan dengan sirup juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, dan Vitamin B12. Kandungan gizinya tergantung formula yang digunakan.
8Awal Diperkenalkan Di Indonesia
Nata de coco mulai dikembangkan di Indonesia pada tahun 1973 dan diperkenalkan pada 1975. Produk ini semakin popular pada 1981 hingga kini.
9Mutu Nata
Mutu nata yang baik ditandai dengan warnanya yang putih bersih, transparan, struktur kuat, tidak mudah hancur, tidak lengket, tidak berbau asam, serta tidak mengandung kotoran.
10Komoditas Ekpor
Nata de coco kini menjadi komoditas ekspor ke beberapa pasar mancanegara seperti Jepang, negara-negara Eropa, dan Amerika Serikat. 

by:(Busung)

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *