Uncategorized

BUKTI CINTA UNTUK SESAMA


DONOR DARAH, BUKTI CINTA UNTUK SESAMA
Kegiatan donor darah adalah salah satu program kerja  bidang kesehatan KSR PMI Unit UIN Malang selama tiga bulan sekali selama periode 2017. Kegiatan donor darah ini diadakan pada hari senin tanggal 27 Februari 2017, pukul 08.00 WIB di teras tengah antara gedung A dan B. Donor darah kali ini merupakan kegiatan perdana di kepengurusan baru pada periode 2017. Kegiatan ini di bantu oleh semua pengurus KSR PMI Unit UIN Malang, banyak antusiasme dari seluruh civitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, mulai dari Mahasiswa hingga Dosen.
Mungkin sebagian besar orang masih berat dalam mendonorkan darahnya meskipun telah memenuhi syarat untuk donor darah yang salah satu alasannya karena takut dengan jarum suntik dan masih belum memiliki keberanian atau mungkin malas untuk berdonor . Padahal donor darah sangatlah berguna untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain, salah satu manfaat bagi pendonor yaitu mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan sel darah merah, dan membakar kalori dalam tubuh serta mendapatkan balas jasa dari Allah SWT karena telah menolong sesamanya.
 Disisi lain juga, masih ada sebagian orang yang memiliki niat kuat untuk mendonorkan darahnya, salah satu buktinya yaitu dari data pendaftar donor darah yang hampir 150 orang ingin mendonorkan darahnya namun masih belum memenuhi syarat untuk donor darah. Sedangkan syarat untuk donor darah adalah berumur17-65 tahun, berat badan minimal 50 kg, tekanan darah systole = 100-160 mmHg dan diastole = 70-100 mmHg, Kadar Hemoglobin (hb.) 12.5 mmHg-17,0 g/dl, serta sehat saat donor.
Donor darah merupakan asset terbesar dalam kehidupan, maka dengan mendonorkan darah berarti telah memberikan bukti cinta kalian kepada sesama untuk menyelamatkan hidup seseorang.

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *