Uncategorized

DIMASY 2016


Jumpa lagi dengan bidang sosiag yang kece hee..hee..hee..
Kali ini kami akan kasih info tentang proker yang sangat tercetar yang telah kita lakukan beberapa bulan yang lalu. Apalagi kalau bukan DIMASY mungkin kalian bertanya-tanya apa siih Dimasy itu?? Sini..sini.. sama kakak.. Dimasy ialah salah satu pengabdian yang dilakukan oleh anggota KSR-PMI unit UIN Malang kepada masyarakat yang didalamnya memiliki banyak kegiatan sosial diantaranya: bakti sosial, PHBS, Sosialisasi dan masih banyak lagi. Kegiatan ini dilakukan setiap 2 tahun sekali. Nahh pada tahun ini kita diberi kesempatan untuk mencicipi nikmatnya pengabdian ala KSR.
Yaa..!! Tepatnya pada tanggal 11-13 juni 2016 kita telah merasakan “indahnya berbagi dengan mengabdi” yang di Adakan di dusun bendrong desa argosari kec. Jabung Kab.Malang.
Perjalanan ini tidaklah sukar, hanya perlu menaklukkan hiruk pikuk dan macetnya kota malang, hingga memasuki kabupaten malang, menuju kecamatan jabung, kami mencari sebuah dusun yang dikenal dengan nama dusun bendrong.
Semakin dekat kami dengan dusun bendrong, tubuh kami semakin menikmati sejuknya dusun ini, pantas saja lokasinya yang berada di daerah pegunungan, yang memiliki hawa dingin dan air sedingin es.
Pada hari Sabtu, 11 Juni 2016, pukul 12.30 WIB kami tiba di Dusun Bendrong yang asri, semoga kami bisa banyak belajar dari warga di dusun ini. Kami terbagi menjadi 2 pos, pos pertama adalah balai dusun, tempat acara dan tempat tidur untuk laki-laki, pos yang kedua adalah rumah salah satu warga, yang digunakan untuk dapur umum, serta tempat tidur perempuan.
Seusai opening ceremony yang dibuka bersama Bapak Khudori selaku bapak kampung pada pukul 15.45 WIB, kami bersilaturahmi kepada warga sekitar untuk semakin mempererat tali silaturahmi.
Acara pertama kami adalah penyuluhan pendidikan remaja sebaya yang dilaksanakan seusai sholat taraweh tepat pukul 20.00 WIB. Penyuluhan yang dihadiri para remaja dari karang taruna ini di isi oleh BNN Kabupaten Malang. Pada kesempatan ini, BNN tidak sekedar memberikan penyuluhan, melainkan juga menggerakkan pemuda Dsn. Bendrong untuk menyiapkan kader anti-narkoba.
Keesokan harinya, Minggu 12 Juni 2016, kami melaksanakan giat bersih di Balai Dusun, mulai dari menyapu, mengepel, mencabuti rumput, hingga mengecat dinding Balai Dusun yang sudah tampak kusam. Kami berharap dapat memberikan dampak yang positif bagi Dusun ini.
Kami juga berinteraksi dengan adik-adik dari TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) yang cukup berkembang di Dusun ini. Mereka pun akan mengikuti perlombaan yang kami adakan di Masjid kampung pada pukul 13.00 WIB, diantaranya adalah, Lomba Praktek Wudlu, Lomba Pildacil Dan Lomba Kaligrafi. Mereka sangat antusias mengikuti perlombaan tersebut, bahkan selesai perlombaan mereka bisa bermain bersama dengan para panitia DIMASY.

Seusai perlombaan tersebut, pada pukul 15.00 WIB adik-adik TPQ, di ajak berkumpul bersama di dalam masjid, untuk menerima penyuluhan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang disampaikan oleh Kak Hikmah (Anggota kehormatan dari KSR-PMI UIN MALANG). Mereka tidak hanya duduk dan mendengarkan, tapi mereka juga belajar mempraktekkan hidup bersih dan sehat, bernyanyi dan bermain bersama. Seusai penyuluhan pun kami membagikan sikat gigi dan susu kotak untuk adik-adik TPQ, agar semakin meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.
Kemudian, bersama bapak-bapak dan ibu-ibu Dusun Bendrong. Kami mendengarkan tausiah yang sangat menarik dari bapak tentang rukun islam. Hingga adzan maghrib berkumandang. Kami membagikan takjil untuk berbuka puasa bersama. Kemudian sholat maghrib berjamaah. Berdzikir dan berdoa bersama. Untuk menutup acara tersebut, kami membagikan 2 tumpeng besar untuk dibagikan kepada jamaah sholah maghrib.
Para panitia DIMASY terbagi menjadi beberapa kelompok, untuk menyebar tadarus bersama ba’da sholat tarawih di mushola dan di masjid.
Keesokan harinya, senin 13 Juni 2016, Sekitar pukul 10.00 WIB, kami melanjutkan acara seanjutnya, yaitu penyuluhan pengelolaan bank sampah yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK, dengan pemateri dari BSM (Bank Sampah Malang) Kota Malang. Disini, ibu-ibu PKK mampu membuka wawasan mereka tentang sampah-sampah dan pengelolaannya.
Pada pukul 13.00 WIB kami menyiapkan pentas seni ba’da sholat dhuhur. Seperti mempersiapkan dekorasi, penampilan-penampilan, dan lain sebagainya. Lalu kami melanjutkan dengan gladi bersih untuk penampilan pensi.
Dan acara yang ditunggu-tunggupun akan segera dimulai. Ba’da sholat tarawih berjamaah, kami bersama warga sekitar memenuhi Balai Dusun. Sebelum pensi dimulai, closing ceremony pun dilaksanakan yang secara simbolis menutup kegiatan ini, beserta penyerahan kenang-kenangan dari panitia Dimasy. Kemudian dilanjutkan dengan pentas seni, yang di buka dengan penampilan Hadrah dari adik-adik TPQ. Dan di lanjutkan dengan pemberian hadiah lomba. Para pemeneng lomba memperoleh trofi dan sertifikat, khusus untuk juara pertama masing-masing lomba mendapatkan Al-Quran dan terjemah. Yang kami harapkan semoga bermanfaat untuk mereka.
Selanjutnya kami mendengarkan tausiah dari adik Risda sang pemenang lomba Pildacil. Kami mendengarkan dengan saksama, tausiah yang dibawakannya dengan energic, bersemangat dan mengesankan. Dan kakak-kakak dari KSR-PMI UIN Malang pun tidak mau kalah, perwakilan dari kami menampilkan sebuah musikalisasi puisi yang bertemakan ibu.
Selanjutnya, berbagai penampilan pencak silat dari Dsn. Bendrong, yang ditampilkan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua turut serta meramaikan.
Dan pentas seni ini ditutup dengan penampilan barongsai yang memukau dari warga sekitar. Kami bisa berfoto bersama, menyawer, bahkan naik ke atas barongsai dan menari bersama. inilah kebersamaan yang terjalin, antara KSR-PMI UIN Malang dan warga Dsn. Bendrong semoga memberikan banyak inspirasi dan manfaat untuk kita semua.
oleh: Fiki Nabila Zain
salam ABRI 🙂

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *